Sabtu, 06 Oktober 2012

ETIKA PROFESI AKUNTANSI


Tugas 1 :
  1. Apa perbedaan Etika dan Etiket ?
PERBEDAAN ANTARA ETIKA DAN ETIKET
Istilah dari kata ETIKA adalah :
Ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku nilai & moral, nilai sopan santun dan tatak krama perilaku manusia dalam hidupnya yang dipandang dari sisi baik dan buruknya manusia tersebut, agar diketahui tindakan manusia dalam menghadapi berbagai persoalan hidupnya. Dalam hal ini, tindakan tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai macam norma yang ada dalam masyarakat kita seperti norma hukum, norma agama, norma kesopanan dan norma moral.
Contoh dari Etika yang harus diperhatikan dibawah ini, seperti :
  • Kita meminjam barang kepada orang lain,walaupun orang lain tidak menagih barang tersebut tetapi kita harus mengembalikannya secara utuh dan tepat waktu.
  • Sebagai manusia perilaku seperti berbohong, mencuri itu merupakan prinsip etika yang tidak dapat ditawar-tawa lagi .
Istilah dari kata ETIKET adalah :
Ilmu yang mempelajari tentang suatu ajaran perbuatan sopan dan santun yang perlu kita lakukan dalam pergaulan lingkungan dan hidup bermasyarakat agar manusia menjadi perilaku baik dan normatif yang bersifat relatif .
Contoh dari Etiket yang harus diperhatikan dibawah ini, seperti:
  • Mencium tangan orang tua ketika kita akan berpergian ataupun kembali pulang.
  • Berbicara dengan yang lebih tua harus mempunyai sikap yang sopan dan santun.
Perbedaan Etika dan Etiket adalah kedua istilah tersebut mempunyai arti yang berbeda tetapi mempunyai persamaanya. Istilah kata Etika dijelaskan adalah berkaitan dengan moral, sedangkan kata Etiket dijelaskan adalah berkaitan dengan nilai sopan santun dan tata krama dalam pergaulan bermasyarakat yang formal.

  1. Apa yang dimaksud dengan Etika Profesi Akuntansi ?

ETIKA PROFESI AKUNTANSI

Pengertian dan Definisi Etika profesi akuntansi adalah


Untuk memenuhi semua tanggung jawabnya dengan standar dasar sebuah profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan yang tinggi dari masyarakat yang sangat membutuhkan informasi dan sistem informasi, agar mencapai tingkat kinerja yang baik dan jelas dengan orientasi kepada kepentingan publik. Pemakaian jasa akuntan sangatlah penting dan harus dapat merasa yakin yang dapat melandasi pemberian jasa oleh akuntan tersebut.

  1. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggran etika ?
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELANGGRAN ETIKA
  • Terdapat Kebutuhan individu setiap manusia
  • Tidak ada pedoman , sehingga tidak ada panduan
  • Perilaku dan kebiasaan individu
  • Lingkungan yang tidak etis pengaruh dari komunitas
  • Perilaku orang yang ditiru kebablasan

  1. Sebutkan Jenis-Jenis Etika ?

JENIS-JENIS ETIKA
Penjelasan terhadap Etika ditinjau dari beberapa pandangan sebagai berikut :
  1. Etika Filosofis adalah etika yang menguraikan pokok-pokok bahasan etika atau moral menurut pandangan filsafat yang diuraikan terbatas pada baik buruknya, masalah dan hak-hak kewajiban, masalah nilai-nilai moral secara mendasar. Ditinjau hubungan antara moral dan kemanusiaan .
  2. Etika Teologis adalah etika yang mengajarkan hal-hal yang baik dan buruk berdasarkan ajaran-ajaran agama.
  3. Etika Sosiologis adalah etika yang bagaimana seharusnya seseorang menjalankan hidupnya dalam keselamatan ataupun kesejahteraan kehidupan bermasyarakat.


  1. Etika Deskritif dan Normatif :
Etika deskriptif adalah etika tentang nilai dan pola pikiran manusia suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas konkrit.
Etika Normatif adalah etika tentang norma-norma yang menuntun perilaku manusia serta memberi penilaian dan himbauan kepada manusia.

  1. Etika Deontologis adalah etika suatu tindakan yang baik bukan dinilai dan dibenarkan berdasarkan akibat atau tujuan baik dari suatu tindakan,melainkan berdasarkan tindakan itu sendiri baik pada dirinya sendiri.

  1. Etika Teleologis adalah etika suatu tindakan dinilai baik bertujuan untuk mencapai sesuatu yang baik.



Nama : tanti tria rahayu
kelas : 4EB18
NPM : 21209463





Tidak ada komentar:

Posting Komentar